5 Pabrik Gula BUMN Masuk Musim Giling, Ini Targetnya

Read Time:1 Minute, 36 Second

SariAgri – Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Arief Prasetyo Adi mengatakan pada Mei 2021 lima pabrik gula BUMN akan memasuki persiapan musim giling. PG Rejo Agung Baru dan PG Tersana Baru akan dimulai pada 20 Mei 2021. Sedangkan PG Krebet Baru dan PG Candi Baru akan dimulai pada 25 Mei 2021 dan PG Jatitujuh pada 4 Juni 2021.

“Bulan Mei ini kami sudah mulai giling tebu,” katanya.

Target PT. RNI pada musim giling tahun ini antara lain luas areal tebu tahun ini meningkat menjadi 46 ribu hektare dari tahun 2020 yang hanya 44 ribu hektare. Jumlah tebu yang dipanen 3,4 juta ton dari tahun 2020 hanya 3,2 juta ton. Selain itu nilai rendemen dan jumlah produksi gula ditargetkan naik tahun ini.

“Rendemen tahun lalu karena cuaca kurang baik maka rendemen kami hanya 7,01 itu rata-rata dari seluruh pabrik gula tetapi tahun ini ditargetkan akan mencapai 8,1. Jumlah gula tahun lalu sebanyak 231 ribu ton dan kam targetkan produksi tahun ini bisa mencapai 282 ribu ton,” tandasnya.

Baca Juga: Teh Tambi dan Pagilaran, Varietas Unggul dari Balittri Mengenal Tiga Varietas Unggul Baru Kopi Kobura

Arief mengatakan PT. RNI mendapatkan tugas impor gula untuk pengamanan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sebanyak 75 ribu ton dari Thailand dan India. Dalam proses kedatangan gula impor, pihaknya membagi menjadi tiga port yaitu Medan 15 ribu ton, Jakarta 30 ribu ton dan Surabaya 30 ribu ton.

“Ini semua kita buka, berita perkebunan terkini open tender, semua terbuka di koran dan prosesnya sangat cepat sehingga masuk semuanya sebelum lebaran dan berhasil kita distribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Arief dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPR RI, Rabu (19/5/2021).

Dalam penyaluran gula impor, PT. RNI sebagai pemegang izin impor, penjualan dan distribusi telah bersinergi dengan PT BGR Logistik dan Berdikari Logistik yang berperan sebagai EMKL dan pergudangan.

Video terkait:

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *